9 Jenis Lapak Dipakai Jualan Online
Rabu, 09 Oktober 2019
Edit
Perkembangan dunia internet, membawa masyarakat menjumpai banyak perkembangan di bidang lainnya. Seperti ketika kita hendak menjual sebuah produk, dari yang dulunya berjualan di toko atau lapak biasa, kini kita sudah dapat menjualnya secara online, baik dengan marketplace, sosial media maupun website. Nah apa saja sesungguhnya lapak yang sering dipakai untuk berjualan online oleh para pebisnis online tersebut? Berikut ini ulasannya:
1. Marketplace
Marketplace atau kios online, menjadi kawasan pertama bagi sebagian orang yang ingin berjualan online. Ini dibuktikan dari banyaknya yang memakai marketplace dari awal adanya hingga ketika ini. Marketplace masih dicari, alasannya yaitu harga yang akan dikeluarkan jauh lebih sedikit daripada jualan online lainnya. Namun ada juga kekurangan yang akan diperoleh ketika berjualan lewat marketplace, salah satunya yaitu kontrol terhadap barang dagangan kita tidak dapat semaksimal ketika memakai website. Kita juga akan sedikit merasa kerepotan kalau banyak dari pengunjung yang ingin order dan menghubungi lewat telepon.
2. Sosial media
Sosial media juga menjadi sarana atau lapak untuk berjualan online. Sosial media kini juga mempunyai fungsi lebih untuk sebagian orang. Selain untuk benar – benar bersosial dengan orang banyak, sosial media juga menjadi pilihan untuk lapak berjualan. Selain mudah, pengguna sosial media juga tidak terbatas. Sosial media yang biasa dipakai yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan masih banyak lagi. Jika memakai sosial media, kita dapat mulai dengan menciptakan akun khusus dan mengupload semua foto produk yang ingin dijual. Kita juga harus menambahkan deskripsi, harga dan kebutuhan lainnya. Kita juga dapat menandai sobat – sobat atau rekan kerja yang kita kenal. Tapi ini sama halnya dengan marketplace, yang sedikit banyak akan merepotkan kita disaat pelanggan ingin membeli lewat telepon, dan inbox sosial media.
3. Forum online
Melakukan aneka macam cara untuk dapat menjaring network dalam berbisnis harus selalu dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengikuti beberapa lembaga online, menyerupai lembaga bisnis. Disana selain kita dapat bertemu dan mempunyai banyak rekan baru, kita juga dapat sembari berjualan. Kita dapat menyampaikan barang dagangan kita kepada lembaga – lembaga baik online maupun offline. Kita dapat menambah daftar lembaga yang kita ikuti kalau itu online. Ini akan sedikit membantu kita, alasannya yaitu orang yang akan melihat produk kita akan jauh lebih banyak.
4. Webblog
Webblog kini ini bukan hanya sebagai sebuah sarana atau wadah orang yang menyukai dunia tulis menulis menuangkan segala inspirasi mereka. Namun blog juga sudah dipakai sebagai blog toko online. Seperti halnya WordPress dan Blogspot yang menjadi blog paling terkenal digunakan. Dengan memakai blog, akan lebih praktis dalam memasukkan gambar product yang dijual. Namun masih ada kekurangannya, yaitu masih dari ketika pemesanan produk yang masih secara manual atau melalui telepon dan alat komunikasi lainnya. Dan kalau memakai blog juga masih memakai nama domain yang menyertakan nama blog tersebut, sehingga tidak memudahkan dalam mengingatnya.
5. Website toko online
Yang terakhir dan yang paling terkenal ketika ini yaitu website toko online. Apalagi yang diragukan kalau kita memakai lapak ini untuk berjualan. Dengan domain yang sudah memakai domain langsung kita sendiri sehingga lebih memudahkan dalam branding, website toko online yang sudah banyak digunakan, juga sudah dilengkapi dengan segala sistem yang diperlukan untuk toko online. Seperti Order, shipping, konfirmasi pembayaran dan lain sebagainya. Saat ini juga sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan website toko online yang menyediakan kelengkapan fitur toko online yang dibutuhkan, itu menciptakan kita semakin praktis dalam berjualan online. Dan juga sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur SEO, yang memudahkan kita dalam menjangkau pasar yang lebih banyak dari yang sekarang. Namun mungkin ada beberapa kalangan yang menyampaikan kalau memakai website toko online akan mahal ketika membelinya, namun semua tergantung pilihan masyarakat.
6. Direktori Bisnis Online
Ketika Anda galau bagaimana caranya biar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda dapat memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen dapat menemukan produk yang Anda jual.
7. Location Based Service (LBS)
Bisnis menurut lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang dapat mengakses keberadaan Anda ketika ini menyerupai Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare yaitu dua website yang dapat mengakses keberadaan Anda ketika ini, kota dimana Anda tinggal, kawasan yang sedang Anda kunjungi dan dengan praktis Anda juga dapat update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan biar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk menyampaikan diskon bagi para pengunjung yang sering tiba ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda dapat menyampaikan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di akrab lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang praktis dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka ketika itu.
8. Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang gres dengan video streaming online. Anda dapat saja menciptakan iklan perihal satu produk Anda dan dibentuk menyerupai iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. Tak perlu menciptakan video yang lama, paling tidak menciptakan video berdurasi 30 detik hingga 1 menit saja akan menciptakan katalog produk Anda semakin menggoda. Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel ataupun eletronik sehingga para calon konsumen dapat tau fitur apa saja sih yang ada pada ponsel yang akan dibelinya di toko Anda tersebut.
9. Percantik Katalog
Toko online yang modern ketika ini rata-rata memakai setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan dipakai sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen. Kalau Anda memasang gambar yang buram dan tidak menarik, niscaya tidak akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan. Sehingga mata akan betah untuk berlama-lama menatapnya.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laku manis di pasaran.
Sumber:http://mediabisnisonline.com/5-jenis-lapak-yang-digunakan-untuk-jualan-online/